Profil BDPHN

LATAR BELAKANG DICANANGKANNYA BULAN DANA PUNIA HINDU

 

Badan Dana Punia Hindu Nasional (BDPHN) yang merupakan Badan Dana Punia Independent di tanah air yang telah mencanangkan Bulan Dana Punia Hindu , selalu mencoba inovasi –inovasi yang sejalan dengan usaha untuk lebih mengoptimalkan keberadaan Bulan Dana Punia Hindu sebagai suatu media didalam menggalang dana yang nantinya dapat dihibahkan kembali kepada Umat Hindu Nusantara, utamanya dalam kaitan dengan pengembangan Sumber Daya Manusia Hindu. Adapun latar belakang kenapa perlu dicanangkan Bulan Dana Punia Hindu adalah merupakan suatu wadah bagi umat Hindu untuk kembali mensosialisasikan pentingnya berdana punia khususnya membantu umat yang sangat membutuhkan. Karena sesungguhnya Umat telah melaksanakan kegiatan dana punia akan tetapi masih bersifat tradisional dan lokal. Pengertian umat masih terbatas kepada hal-hal yang ada kaitannya dengan kegiatan keagamaan saja, padahal masalah-masalah kemanusiaan juga merupakan tanggungjawab Umat Beragama. Dengan adanya kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan sehingga terjadi pergaulan dan bermacam-macam dalam menghadapi situasi perkembangan sosial. Dan untuk memfasilitasi hal tersebut apa yang menjadi tujuan dari BDPHN lewat Gerakan Dana Punia Hindu Nasional dapat segera terwujud.

 

TUJUAN DARI PELAKSANAAN BULAN DANA PUNIA HINDU.

 

  1. Mengusahakan pemahaman Umat Hindu terhadap arti penting Dana Punia sebagai kewajiban di dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia.
  2. Mengusahakan persefektif yang lebih luas tentang tujuan berdana punia tidak hanya dikaitkan dengan kegiatan –kegiatan yang bersifat ritual, tetapi lebih dari itu adalah menjawab tantangan dan masalah umat secara luas dikembangkan untuk beasiswa pendidikan, pembangunan simbol kebanggaan Hindu dan juga Sumber Daya Manusia Hindu.
  3. Menanamkan kebiasaan berdana punia bagi Umat Hindu khususnya kepada generasi Muda Hindu agar senantiasa ingat dengan jutaan umat Hindu Indonesia yang masih dalam garis kemiskinan. Dimana dalam sastra agama Hindu bahwa yadnya tertinggi dizaman kali yuga adalah berpunia sesama yang membutuhkan.
  4. BDPHN bertugas menampung dana punia Umat Hindu yang telah berdana punia secara tulus iklas dan tanpa ikatan, baik secara individu maupun kelompok. BDPHN akan mendistribusikan dana tersebut sesuai dengan skala prioritas.
  5. BDPHN sebagai lembaga dana punia pertama dan terbesar secara konsisten memberikan beasiswa kepada Generasi Bangsa yang kurang mampu untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi, sebagai usaha menengah mencegah generasi putus sekolah untuk mencerdaskan Generasi Muda Bangsa.

PELAKSANAAN BULAN DANA PUNIA HINDU

Pelaksanaan Bulan Dana Punia Hindu dimulai bersamaan dengan perayaan hari raya nyepi setiap tahunnya serentak di Wilayah Indonesia Barat, Indonesia Timur dan Indonesia Tengah. Dalam hal ini Badan Dana Punia Hindu Nasional (BDPHN) hanya berperan sebagai fasilitator, sehingga diharapkan dimasa yang akan datang umat Hindu Indonesia sudah dapat menjadikan Bulan Dana Punia Hindu sebagai agenda tetap setiap tahunnya dengan cara membuat program sesuai dengan misi, visi, dan karakter dari masing-masing individu/ organisasi/ komunitas yang mengelolanya. Diharapkan pada tahun 2017 ini Bulan Dana Punia Hindu ini sudah dikenal oleh semua komponen umat Hindu dan dapat di sejajarkam dengan perayaan amal serupa agama-agama lain Nusantara.

 

JENIS KEGIATAN YANG DI LAKUKAN BDPHN DALAM RANGKA BULAN DANA PUNIA HINDU NASIONAL.

 

Ada beberapa cara yang dilakukan oleh umat Hindu untuk mensukseskan Bulan Dana Punia Hindu Nasional Yakni :

  • Mengadakan acara dialog / dharma wacana dengan tema : Dana Punia dari berbagai sudut pandang dan persepektif yang berbeda.
  • Penempatan kotak dana punia bekerjasama dengan Rumah Makan Hindu.
  • Membuka rekening di Bank dan bekerjasama dengan instansi Daerah.
  • Mencarikan donatur baik secara individu, lembaga, perusahaan dan instansi Daerah.

Pada tahun 2017 ini, Badan Dana Punia Hindu Nasional (BDPHN) akan bekerjasama dengan individu, lembaga,   istansi baik dalam ruang lingkup lokal, Nasional dan Internasional untuk turut berpartisipasi dalam Bulan Dana Punia Hindu Nasional 2017.

Selain itu BDPHN juga mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan Bulan Dana Punia Hindu Nasional (BDPHN) yaitu : Seminar Regional, Festival Anak Hindu Indonesia, Seminar Buku Hindu, Kompetensi Kritik Buku Hindu, Bedah Buku Hindu, Seva kepada Panti Asuhan, program pemberian Beasiswa untuk siswa kurang mampu, pameran buku Hindu setiap purnama – tilem, pemberian penghargaan kepada para penulis buku hindu, membantu pembangunan pura dan mendukung kegiatan – kegiatan pencerdasan Generasi Muda Hindu. Disalurkan kepada umat Hindu yang membantu dengan area distribusi seluruh Indonesia dan bekerjasama dengan Panti Asuhan se-Bali dalam rangka penyaluran dana punia.

Untuk area distribusi di luar pulau Bali & Pulau Jawa maka distribusi dana akan bekerjasama dengan Ormas Hindu setempat. Dan wilayah Bali dan Pulau Jawa maka penyebarannya akan dilakukan oleh BDPHN sendiri.

PERTANGGUNGJAWABAN DANA PUNIA HINDU

 

Sebagai wujud dari pertanggungjawaban publik dana punia maka, BDPHN selaku lembaga profesional akan memberikan laporan pertanggungjawaban publik, kepada umat melalui media masa (bekerjasama dengan majalah raditya terbit setiap bulannya), website dan penerbit buletin. BDPHN sendiri dikelola oleh mahasiswa Hindu untuk,dari oleh generasi muda.

PENYALURAN DANA PUNIA

 

Untuk menjadi donatur BDPHN dapat menghubungi di Visi Humas BDPHN  085100236064 / 0361. 434827 atau langsung di sekretariat BDPHN : di Jalan Beliton No. 4 Denpasar-Bali-Indonesia. Donatur berasal dari dalam dan luar negeri tidak terkait pada satu agama dan tulus iklas. Ada dua macam donatur, yaitu bisa menjadi donatur bulanan atau donatur insidental. Untuk lebih mempermudah penyaluran dana punia, BDPHN telah bekerjasama dengan beberapa Bank untuk pembukaan rekening :

  1. BANK BRI CABANG GAJAH MADA DENPASAR

      No. Rekening : 001701000747308, a.n Yayasan Dana Punia Hindu Nasional

  1. BANK NEGARA REPUBLIK INDONESIA DENPASAR (BNI)

No. Rekening : 0400111558 a.n Yayasan Punia Hindu Indionesia